Windows Phone 8: Dari Layar Awal Baru, Multi-Core, Hingga Berbagi dengan Windows 8

Windows Phone 8: Dari Layar Awal Baru, Multi-Core, Hingga Berbagi dengan Windows 8

Belum lagi reda perbincangan orang tentang tablet Surface, Microsoft kembali membuat hangat dunia gadget dengan mengumumkan kehadiran OS Windows Phone 8. Banyak perubahan yang dilakukan Microsoft dalam sistem operasi baru ini jika dibandingkan sistem operasi Windows Phone sebelumnya, baik secara software maupun hardware.

Windows Phone 8 akhirnya memberikan dukungan untuk prosesor multi core baik dual maupun quad bahkan secara teori hingga 64-inti. Di belakang layar, Microsoft berpindah ke kernel NT untuk Windows Phone 8, sama dengan basis di sistem operasi Windows (XP-Vista-7-hingga 8) sehingga memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di dua sistem operasi sekaligus yaitu Windows Phone (mobile) maupun Windows 8 (PC).

 

1


Aplikasi Windows Phone lama tetap kompatibel dengan OS baru ini bahkan sekarang mendukung media eksternal (microSD). Dukungan NFC juga tersedia, termasuk juga hub Wallet baru. Integrasi Skype juga diperdalam, ditambah layar depan baru yang mendukung antarmuka untuk tile ukuran kecil plus dukungan tiga resolusi layar yaitu WXGA, WVGA, dan 720p.

 

1


Sayangnya, Microsoft tidak akan merilis sistem operasi ini ke handset Windows Phone lama. Microsoft hanya berencana untuk mengeluarkan update Windows Phone 7.8 yang akan memberikan beberapa perubahan antarmuka pengguna sehingga menyerupai Windows Phone 8. Ini karena berbagai perbaikan dan perubahan yang dipasang di Windows 8 membutuhkan berbagai perangkat keras baru.

Microsoft juga mendemokan Internet Explorer 10 di Windows Phone 8. Selain itu Microsoft bermaksud untuk merambah pasar enterprise dan bisnis yang sebelum ini dikuasai oleh perangkat BlackBerry dari RIM.

Pada awalnya akan ada beberapa handset dual-core yang dirilis dengan Windows Phone 8 yaitu dari Nokia, Huawei, Samsung dan HTC. Produk ini akan dijual ke 180 negara di dunia dengan perkiraan waktu rilis pada musim gugur mendatang, sama dengan saat kehadiran iOS 6 yang diumumkan Apple beberapa pekan yang lalu.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 21 Juni 12 - 09:31 WIB
Dalam Kategori : TEKNO
Dibaca sebanyak : 1135 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback