Samsung Gabungkan OS Bada dan Tizen

Samsung Gabungkan OS Bada dan Tizen

Menurut penuturan dari Tae-Jin Kang, wakil presiden senior Samsung bagian tim perencana konten, dalam sebuah wawancara di acara CES 2012 yang baru lalu, Samsung saat ini sedang bekerja untuk menggabungkan OS bada buatannya dengan sistem operasi Tizen yang dibuat Samsung bersama Intel. Selanjutnya dikatakan oleh Kang bahwa dirinya tidak mengetahui kapan pekerjaan tersebut akan selesai namun saat ini dikatakan proyek sedang berjalan.

Ketika integrasi keduanya selesai, Tizen akan mendukung aplikasi yang ditulis menggunakan SDK bada. Dukungan ini juga termasuk kompatibilitas terhadap aplikasi bada yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Setelah integrasi, pengembang bada dan Tizen akan memakai perangkat pengembangan perangkat lunak yang sama baik SDK dan API, dan diharapkan dengan demikian maka pengembang yang bisa membuat program di bada akan mengerti cara pengembangan aplikasi di Tizen. Kedua sistem operasi ini juga memiliki kemiripan sejak awal karena memang keduanya berbasis dari Linux. Menurut Kang, inti OS akan digabung juga akan berbasis Linux.

 

1


Samsung masih belum memutuskan bagaimana memanfaatkan kedua sistem operasi ini ke produk mendatang. Menurut Kang, OS bada mungkin akan dipasang di ponsel kelas bawah seperti dengan prosesor satu inti. Sementara Tizen bisa mendukung perangkat kelas lebih tinggi yang tidak bisa menjalankan Android atau Windows Phone OS. Namun demikian, produk Samsung berbasis bada/Tizen masih dalam transisi sehingga menurut Kang di tahun ini baru satu atau dua perangkat Samsung yang akan memakai Tizen, dan belum akan menjadi OS utama Samsung dalam waktu dekat.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 22 Januari 12 - 21:54 WIB
Dalam Kategori : INFO
Dibaca sebanyak : 750 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback