Ponsel Bisa Tembus Pandang Akan Jadi Kenyataan

Ponsel Bisa Tembus Pandang Akan Jadi Kenyataan
Pemandangan di balik tembok, semakin dekat jadi kenyataan. Tim peneliti dari University of Texas at Dallas (UT Dallas) telah mendesain Ponsel yang bisa memperlihatkan sebuah chip gambar yang mampu membuat ponsel melihat obyek di balik kayu, plastik, kertas, maupun penghalang lainnya.

Kemampuan itu dimungkinkan karena para peneliti mampu menguraikan gelombang terahertz dari spektrum elektromagnetik yang jarang digunakan dalam peralatan elektronika umum.

"Jajaran gelombang terahertz penuh dengan potensi tak terhingga yang dapat menguntungkan kita," kata Dr. Kenneth O, ketua tim peneliti dari Teknik Elektro UT Dallas dalam situs resmi kampus itu.

Gambar atau obyek di balik tembok dapat diketahui melalui sinyal yang memanfaatkan gelombang terahertz itu tanpa pemakaian sejumlah lensa.

Rahasia kedua di balik kemampuan ponsel itu adalah penggunaan teknologi mikrochip baru yang menggunakan CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor).

"Kombinasi dari CMOS dan terahertz berarti Anda dapat menggunakan chip dan penerima (receiver) di belakang ponsel dan mengubahnya menjadi alat yang dapat melihat obyek di balik penghalang.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 20 April 12 - 22:07 WIB
Dalam Kategori : GADGET
Dibaca sebanyak : 1226 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback