Pilih Mana, Game Mobile atau PC ?

Pilih Mana, Game Mobile atau PC ?

Bagi Anda yang ingin belajar membuat aplikasi game, mana yang akan Anda pilih? Membuat game mobile atau yang berjalan di PC? Apa hambatan dari kedua jenis game tersebut?

Setiap platform memiliki tantangannya tersendiri. Dalam hal teknis, mobile device memiliki keterbatasan dalam hal ukuran layar, memory, storage, dan sebagainya. Sedangkan dari sisi gameplay, game mobile lebih ke konsep game yang simple dan mudah dimainkan di mana saja dan kapan saja.

Sedangkan PC secara teknis memiliki kapabilitas memory yang lebih besar, storage yang mudah, dan ukuran layar yang lebih luas. Sehingga konsep game yang dibuat dapat lebih bervariasi. Mulai dari alur cerita, grafis, dan gameplay dapat kita maksimalkan penggunaannya sehingga game pun lebih polish.

Kesimpulan dari hal-hal di atas adalah bahwa membuat game mobile lebih mudah daripada PC game, walaupun ada tantangan dari sisi teknis spesifik device mobilenya.

Namun kendala utama dari pembuatan game PC adalah kompleksitas gamenya yang jauh lebih tinggi dibanding game mobile, sehingga selain lebih sulit secara teknis, pembuatan game PC rata-rata memakan waktu cukup lama, bisa lebih dari satu tahun, bandingkan dengan game mobile yang bisa diselesaikan dalam waktu tiga bulan atau kurang.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 10 Mei 12 - 00:03 WIB
Dalam Kategori : GAMES
Dibaca sebanyak : 1047 Kali
Rating : 2 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback