Blackberry 10 Menggunakan Qwerty

Blackberry 10 Menggunakan Qwerty

Research in Motion (RIM) memperkenalkan sistem operasi BlackBerry 10 beberapa waktu lalu, yang digadang-gadang bakal powerfull untuk layar sentuh. Sempat ada rumor menyebutkan kalau kehadiran OS BlackBerry 10 ini akan membuat qwerty fisik akan ditinggalkan.

Namun RIM telah mengkonfirmasi mengenai tentang masa depan keyboard fisik di OS 10, bahwa tidak ada masalah dengan qwerty fisik. Vendor asal Kanada itu akan terus mempertahankannya.

Pengumuman ini menandai langkah pertama dalam perubahan dalam strategi, karena RIM berjuang untuk bersaing dengan pemimpin pasar smartphone seperti Apple dan Google.

Seperti diketahui, keyboard tradisional BlackBerry ini telah menjadi kunci untuk pengguna handset tersebut yang tak lagi didominasi oleh kalangan enterprise.

Seorang juru bicara RIM, mengatakan kepada Seattle Times, Jumat (22/6/2012), bahwa di masa depan RIM akan meluncurkan smartphone OS BlackBerry 10 dengan keyboard qwerty.

BlackBerry 10 diharapkan menjadi 'dewa penyelamat' saat penjualan smartphone RIM menurun dan pangsa pasarnya yang terus tergerus dengan para pesaingnya.

Kuartal ketiga lalu, pengapalan BlackBerry mengalami penurunan 25% dari 14,1 juta menjadi 11,1 juta. Ini berbanding terbalik dengan pesaingnya. Pada bulan Maret, Apple melaporkan bahwa mereka telah menjual 37 juta iPhone pada kuartal terakhir.

Sempat beredar kabar, RIM bakal memangkas karyawan sampai 6.000 pekerja secara global dalam upaya menghemat USD 1 miliar.

RIM menggembar-gemborkan keamanan BlackBerry 10 dan fitur manajemen karena berusaha untuk menopang dukungan di pasar bisnis.

"Kami berencana untuk kembali fokus di pengguna enterprise dan memanfaatkan posisi terdepan kami di segmen ini," tegas sang juru bicara RIM.

Apakah Anda termasuk orang yang pro atau yang kontra dengan keputusan RIM tetap mempertahankan keyboard fisik di Blackberry 10? Keyboard fisik memang salah satu ciri khas Blackberry ketika vendor lain mulai menggunakan touch screen, tetapi kelamahan keyboard fisik adalah terlalu memakan banyak tempat di handset sehingga mengorbankan ukuran layar.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 22 Juni 12 - 22:43 WIB
Dalam Kategori : GADGET
Dibaca sebanyak : 833 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback