AndroMax, Android 'Es Krim' CDMA nan Ekonomis

AndroMax, Android 'Es Krim' CDMA nan Ekonomis
Smartfren kian giat menjajakan ponsel dengan brand sendiri. Jagoan terbaru operator CDMA ini adalah AndroMax yang sudah dibenamkan dengan sistem operasi Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich.

Perangkat ini sejatinya besutan HiSense dan diposisikan untuk bertarung di perangkat kelas menengah ke bawah. Otomatis harganya juga dibanderol cukup murah, namun performanya bukan berarti murahan.

Desain

AndroMax mengusung desain yang terbilang ergonomis. Ia dibalut dengan dengan layar sentuh kapasitif yang sudah merespons multitouch.

Ketika dijajal sapuan tangan terasa begitu mudah dikenali dan berjalan sesuai kehendak. Alhasil, layar ini bisa diandalkan untuk urusan navigasi. Termasuk jika diajak untuk mengetik melalui keyboard virtual, mudah dan responsif.

Hanya saja layar yang diusung AndroMax tak terlalu besar, cuma 3,5 inch dan menggunakan jenis TFT LED, HVGA (480x320). Padahal jika dibekali dengan layar lebih besar, pastinya pengalaman user dengan layar sentuhnya dapat lebih nampol.

Beralih ke bagian belakang, ada casing berbahan plastik yang memiliki tekstur. Hal ini sejatinya menjadi nilai plus, karena jadi membuat pegangan semakin mantab dan tidak licin.

Di bagian belakang juga menjadi tempat untuk membenamkan kamera berkekuatan 3 megapixel. Kamera di perangkat ini memang cuma satu, tidak tersedia kamera di bagian depan.

Sementara untuk urusan tombol fisik ada dua yang dipasang. Di bagian kiri untuk on-off serta lock, sedangkan di sisi kana untuk volume. Di bagian bawah layar ada tombol sentuh untuk home, back, dan search.





Performa

Dengan harga Rp 1,2 jutaan untuk harga resmi dan Rp 880 ribu untuk promosi, tentu Anda tak bisa mengharapkan kemampuan AndroMax sekelas Galaxy S III atau HTC One X. Tapi jika disandingkan dengan Galaxy Pocket atau LG L3, mungkin masih selevel.

Display yang ditampilkan AndroMax harus diakui tak terlalu tajam, namun ketika diajak untuk menonton video yang berat, ponsel dengan prosesor 800 MHz ini bisa melahapnya dengan cukup lancar.

Kembali ke sisi kamera. Hasil jepretan terbilang lumayan dengan kekuatan 3 megapixel. Termasuk untuk urusan merekam video.

Adapun performa yang dirasa cukup spesial adalah dari sisi OS, dimana telah dibekali dengan Android 4.0. Tentu saja saat ini masih jarang melihat handset CDMA di Indonesia yang mengusung OS 'es krim'.

User interface yang dihasilkan bak ponsel premium yang mengusung OS sama. Tapi tetap harus diakui jika pancaran gambarnya kurang tajam. Untungnya hal ini bisa ditutupi dengan kemampuan layar sentuhnya yang mulus ketika mengajak jemari berselancar.

Nilai lebih lainnya juga dari sisi konektivitas. AndroMax hadir dengan jaringan CDMA 2000 1x EVDO Rev A, dimana koneksi ini di atas kertas cukup ciamik untuk membawa pengguna berselancar.

Pun demikian, tetap saja, hal itu masih tergantung dari kondisi jaringan Smartfren di sekitar Anda. Jika memang mumpuni tentu ini akan sangat berarti, tapi jika sebaliknya ya tetap percuma.

Smartfren sendiri pernah memproklamirkan bahwa tengah giat jualan layanan data. Jadi harusnya mereka bakal sangat memikirkan kualitas layanan datanya yang biasa digunakan user untuk berinternet.

Kesimpulannya, AndroMax cukup layak dilirik untuk pengguna ponsel cerdas di segmen menegah ke bawah. Apalagi harganya tak sampai Rp 1 juta ketika promosi, itu pun sudah dilengkapi dengan OS Android Ice Cream Sandwich. Adapun performanya terbilang lumayan.

Dalam perhitungan benchmark yang dilakukan detikINET, AndroMax mencatat nilai 1.187 ketika menggunakan aplikasi Quadrant. Sementara dengan AnTuTu mengukir skor 2.429.





Spesifikasi

CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800 Mhz
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
800 Mhz Qualco,, MSM7625A Prosesor
GPU Adreno 200
512 MB RAM, expand up to 2GB
3.5" TFT LED, HVGA 480 x 320 pixels
Capacitive Multitouch screen
Internal Storage 1GB Nand Flash
Battery Lithium Ion 1200 mAh
WiFi hotspot Capability
Google Apps
Built in GPS
Kamera 3MP
Bluetooth 2.1
MicroUSB
RUIM Enabled
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 18 Juni 12 - 21:29 WIB
Dalam Kategori : GADGET
Dibaca sebanyak : 1924 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback