5 Inovasi Baru di BlackBerry 10

5 Inovasi Baru di BlackBerry 10

Ajang BlackBerry World 2012 memang diprediksi sebagian kalangan menjadi momentum bangkitnya BlackBerry. Dalam konferensi tersebut, RIM mengenalkan sistem operasi terbaru bernama BlackBerry 10. Namun apakah yang ditawarkan dari OS terbaru ini? Belum banyak informasi yang didapat, tapi sepertinya RIM memang menginginkan sebuah kebangkitan dengan visi yang nyata.

Fokus
Ibarat pohon, semakin tinggi maka semakin besar pula terpaannya. Banyak perusahaan teknologi justru tersandung ketika berada di posisi atas, contoh saja Palm, Polaroid, dan Kodak. RIM akan kembali fokus pada jualan awalnya yang menargetkan pelanggan dari kalangan pebisnis. Para pelanggan yang telah menandatangani kontrak setidaknya dapat menyelamatkan RIM.

Tampilan baru
Sistem operasi BlackBerry 7 terbilang kuno, sementara BlackBerry 10 merubahnya menjadi lebih modern. Sistem ini berbasis UNIX dari QNX yang telah malang-melintang di industri mobil selama bertahun-tahun. Tampilan BB10 akan menjadi persilangan antara ketiga pesaing utama sistem operasi mobile lainnya.

 

1




Tampilan Home akan memiliki grafis yang lebih besar. Bisa dimanfaatkan untuk shortcut aplikasi secara realtime, layaknya widget Android. Belum diketahui pasti bagaimana tab ini akan berfungsi, namun RIM diprediksi akan memaksimalkan sentuhan ini.

Kelancaran multitasking
Kemampuan multitasking pada tablet PlayBook memang tidak diragukan. Ingat Super Apps? Konsep ini sekarang disebut Flow view. Idenya adalah mengintegrasikan semua aplikasi ke dalam OS, melakukan perpindahan aplikasi secara lancar tanpa perlu menutupnya untuk pindah ke aplikasi lain.

 

1




Pesan Utama
Efisiensi dan mempertahankan bentuk menjadi andalah RIM. BlackBerry 10 akan memiliki kemampuan pesan yang lebih baik. Seperti kotak pesan terpadu ditambah inovasi keyboard virtual. Mirip dengan kebanyakan opsi pada pihak ketiga di Android dan iOS, keyboard BB10 akan memprediksi kata berikutnya, sehingga mempermudah para penggunanya.

User Interface
Selain gesekan jari pada keyboard, RIM berencana mengintegrasikan sejumlah kontrol gerakan ke BB10. Misalnya, Anda bisa menjawab atau menloak panggilan dengan menekan agak lama dan kemudian menggeseknya ke atas atau ke bawah.

 

1




Rencana lain dari RIM adalah bagaimana BlackBerry 10 dapat menyesuaikan untuk tiap pengguna dari waktu ke waktu. Misalnya keyboard akan mengingat dimana Anda biasanya menekan dan menjadikan adaptasinya jauh lebih baik saat mengetik.

Implementasi di atas memang terdengar bagus dan menjadi apa yang sebenarnya RIM butuhkan dua tahun lalu. Para penggemar BlackBerry tentunya berharap hal ini akan segera diterapkan tanpa menunggu waktu lama lagi.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 03 Mei 12 - 23:47 WIB
Dalam Kategori : TEKNO
Dibaca sebanyak : 825 Kali
Rating : 2 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback