4 Modal Microsoft Surface untuk 'Goyang' iPad

4 Modal Microsoft Surface untuk 'Goyang' iPad
Microsoft Surface, demikian namanya. Ini adalah tablet PC terbaru yang dibuat sendiri oleh Microsoft. Mampukah ia menghadirkan perlawanan berarti pada iPad yang saat ini masih mencengkeram pasar tablet?

Beberapa analis mengiyakan pendapat tersebut. Apa saja alasannya? Berikut di antaranya seperti dikutip detikINET dari CBS, Selasa (19/6/2012):

1. Microsoft kuat di korporat

Apple adalah rajanya pasar consumer. Namun meski mulai banyak dipakai di korporat, mereka belum dapat menandingi keperkasaan Microsoft di sektor ini. Ya, Microsoft sudah sangat lama menguasai sistem komputer di korporasi.

Mayoritas sistem operasi ataupun software yang dipakai di sana adalah ciptaan Microsoft. Jadi, tablet Microsoft Surface kemungkinan akan mendapat perhatian besar dari para pebisnis. Terlebih, tablet ini punya aplikasi familiar yang menunjang aktivitas produktif mereka.

2. Dukungan kuat developer

Sistem operasi Microsoft Windows sejak dulu punya dukungan sangat kuat dari para developer. Hampir semua aplikasi PC yang populer dan berguna punya versi khusus untuk Windows. Jadi hampir dapat dipastikan mereka juga akan membuat aplikasi untuk Windows 8 yang memang dirancang khusus untuk tablet. Hal ini bisa menjadi senjata tersendiri dalam melawan iPad.

3. Determinasi tinggi

Microsoft dikenal sebagai perusahaan pantang menyerah yang punya determinasi tinggi. Biasanya butuh waktu lama sebelum akhirnya mereka menyerah. Seperti kasus pemutar musik Zune yang akhirnya dimatikan karena tidak bisa menyaingi iPod meski hampir segala upaya sudah coba dilakukan.

Kesabaran Microsoft antara lain terbayar di Xbox yang akhirnya menjadi konsol game terpopuler saat ini meski sebelumnya harus merugi dahulu. Kedatangan Microsoft Surface membuktikan Microsoft masih terus berupaya memperbaiki peruntungannya di pasar tablet untuk menggoyang iPad.

4. Inovatif

Microsoft adalah salah satu pemegang paten teknologi terbesar di dunia, hanya kalah dari IBM. Paten memang tak sama dengan inovasi, namun jumlah paten yang besar menunjukkan betapa besar investasi yang dihabiskan dalam area tersebut. Terbukti mereka juga menggaet lisensi yang tidak sedikit dari patennya yang dipakai vendor lain.

Malah boleh dibilang, Microsoft adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan komputer tablet meski tidak menuai popularitas seperti yang diharapkan. Nah, inovasi baru yang dihadirkan Microsoft mungkin akan membuat mereka pada akhirnya mampu sukses di pasar tablet.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 19 Juni 12 - 20:03 WIB
Dalam Kategori : INFO
Dibaca sebanyak : 930 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback